Friday, February 15, 2013

Rusia dan Iran Makin Mesra, Ada Apa?


(IMP), TAHERAN -- Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi dalam wawancaranya dengan radio nasional Rusia menyampaikan keinginan Republik Islam untuk meningkatkan kerja samanya dengan federasi Rusia di bidang antariksa.

IRNA melaporkan, Salehi yang berada di Moskow guna menghadiri sidang Komisi Kerjasama Iran-Rusia, dalam wawancaranya dengan Voice of Russia, menjelaskan kebijakan Republik Islam untuk bekerja sama di bidang antariksa dengan Rusia.

Salehi mengatakan bahwa program antariksa Iran telah lama dimulai dan Republik Islam telah memprioritaskan kerja sama di bidang ini dengan Rusia.

Dijelaskannya, "Kemampuan Iran di bidang produksi satelit terus meningkat dan Republik Islam hingga kini telah meluncurkan lima satelit ke luar angkasa dan orbit bumi. "Satelit pertama diproduksi di Rusia adapun satu satelit diproduksi secara kolektif oleh Iran dan Cina," tuturnya.

Menyinggung kemampuan Iran memproduksi satelit secara independen, Salehi mengatakan bahwa sejak 10 tahun lalu, Iran telah menjadi negara produsen satelit, meski demikian Tehran membutuhkan rudal yang tepat untuk membawa satelit itu ke orbit bumi.

(Republika/Antara)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...