Wednesday, January 2, 2013

India Terima Fregat Rudal Ketiga dari Rusia

Fregat Rudal Ketiga dari Rusia

militaryrussia.ru
Kapal perang fregat INS Tarkash buatan Rusia


NEW DELHI, KOMPAS.com- Kapal kedua dari tiga kapal perang tipe fregat rudal yang dipesan India dari Rusia telah tiba di India, Minggu (30/12/2012) kemarin. Demikian diungkapkan pejabat Kementerian Pertahanan India.

Menurut kantor berita RIA Novosti, kapal perang INS Tarkash itu tiba di pelabuhan Mumbai, Minggu, setelah berlayar dari Galangan Kapal Yantar di Kaliningrad, kawasan Baltik, November lalu. Dengan kedatangan kapal itu, Angkatan Laut India kini memiliki dua fregat rudal yang diklaim memiliki kemampuan sulit terlacak radar (stealth).

India dan Rusia menandatangani kontrak pembuatan tiga kapal fregat kelas Krivak III yang telah dimodifikasi (Proyek 11356, atau di India dikenal dengan kelas Talwar) senilai 1,6 miliar dollar AS (Rp 15,4 triliun) pada 2006 lalu. Kapal pertama, yang diberi INS Teg (F45), telah bergabung dengan AL India, 27 April silam.

INS Tarkash sendiri resmi dioperasikan AL India dalam sebuah upacara resmi di Kaliningrad, 9 November. Kapal itu kemudian diberangkatkan dari kawasan eksklaf Rusia di Baltik, Eropa, itu, menuju India pada 17 November.

Kapal ketiga, INS Trikand, saat ini masih menjalani pengetesan di galangan, dan akan segera melakukan uji pelayaran di Laut Baltik. Dijadwalkan, kapal itu akan bergabung dengan AL India pada musim panas tahun depan.

Dibandingkan dengan tiga kapal kelas Talwar terdahulu, yakni INS Talwar (F40), INS Trishul (F43), dan INS Tabar (F44), tiga kapal terbaru ini memiliki sedikit perbedaan kemampuan serang. Tiga kapal ini dilengkapi dengan delapan peluncur rudal vertikal yang diisi rudal jelajah supersonik BrahMos.

Selain itu, kapal dengan 124,8 meter dan lebar 15,2 meter ini juga dilengkapi meriam 100 milimeter, sistem rudal permukaan-ke-udara Shtil, dua sistem pertahanan udara Kashtan, dua peluncur torpedo 533mm dan satu helikopter antikapal selam.

(kompas)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...