Saturday, January 5, 2013

TNI AU Akan Miliki Pesawat Intai

C-295 AEW Yang Kabarnya Dibeli Indonesia (Foto: Airbus Military)


itoday - Kabar menarik datang dari Eropa, dimana dikabarkan Airbus Military sedang membangun sebuah pesawat jenis Airborne Early Warning (AEW) berbasis C295 untuk kebutuhan TNI AU.

Dilansir dari Defense Update, pihak Airbus Military sedang merampungkan beberapa modifikasi di winglets pesawat C295 agar dapat meningkatkan performa pesawat ketika lepas landas, menanjak dan terbang jelajah. Tidak hanya itu, modifikasi ini akan meningkatkan jarak jangkau dan ketahanan terbang, dan memperirit konsumsi bahan bakar. Modifikasi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan TNI AU akan pesawat AEW.

Sebelumnya, Imam Sufaat pernah mengatakan bahwa Indonesia memang mencari pesawat AEW, namun dengan platform (ukuran/kelas) yang lebih besar untuk mengcover wilayah Indonesia yang cukup luas. Sehingga dengan adanya modifikasi tersebut, diharapkan C295AEW dapat ikut dalam persaingan pemenuhan kebutuhan TNI AU.

Indonesia sendiri dinilai sebagai pasar strategis untuk pesawat jenis ini. Pasalnya di awal 2012, Indonesia memesan sembilan unit pesawat angkut medium C295, dimana pengiriman pertama telah dilakukan akhir tahun lalu.

Pesawat AEW sendiri adalah pesawat yang dilengkapi dengan radar yang mampu menampilkan pencitraan, dan medeteksi benda jarak jauh, juga memiliki kemampuan mengintai musuh atau wilayah musuh dari udara.

Pihak Airbus Military sendiri demi mempromosikan pesawat jenis ini ke Indonesia langsung mengencat prototype C295 AEW dengan kamuflase TNI AU.*

(Itoday)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...