Wednesday, February 20, 2013

Cina dan Jepang Bahas Situasi di Semenanjung Korea


BEIJING, (IMP) -- Pemerintah Cina dan Jepang akan membahas perkembangan situasi di Semenanjung Korea yang menghangat pascauji coba peluru kendali oleh Korea Utara awal pekan lalu.

Perkembangan situasi di semenanjung Korea menjadi bahasan utama pertemuan Wakil Khusus Pemerintah Cina untuk masalah Semenanjung Korea Wu Dawei dengan Kepala Biro Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama di Beijing, Rabu (20/2).

Dalam pertemuan itu, Jepang diperkirakan akan memastikan dukungan Cina untuk penjatuhan sanksi baru bagi Korea Utara, yang telah melakukan uji coba nuklir awal pekan lalu.

Sebelumnya, Pemerintah Cina kembali meminta semua pihak untuk menahan diri terkait peningkatan eskalasi di Semenanjung Korea pascauji coba ketiga nuklir Korea Utara awal pekan lalu.

"Situasi di Semenanjung Korea saat ini sangat sensitif dan kompleks. Kami menyerukan semua pihak untuk tidak melakukan langkah yang akan memperkeruh situasi tersebut," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei.

Cina berharap pembahasan tentang tindakan Korea Utara itu di Dewan Keamanan PBB benar-benar dapat mewujudkan penghapusan senjata nuklir, nonproliferasi untuk menciptakan perdamaian serta stabilitas di Semenanjung Korea.


(Antara)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...