Sunday, April 14, 2013

Hamid Karzai: AS Langgar HAM


(IMP) -- Presiden Afghanistan menyebut Amerika Serikat melanggar hak asasi manusia internasional ketika militernya melakukan serangan udara mematikan di provinsi timur Kunar.

Pernyataan itu dikemukakan Hamid Karzai, seperti dilansir kantor berita IRNA, setelah tim pencari fakta pemerintah Afghanistan menyampaikan laporan mengenai insiden serangan militer AS pada 6 April lalu yang menewaskan setidaknya 11 warga sipil, termasuk 12 anak dan empat wanita.

Karzai juga menegaskan pasukan asing melanggar komitmennya mengenai larangan serangan udara di wilayah pemukiman, dan menggambarkan langkah itu sebagai tindakan yang tidak dapat diterima. Tim pencari fakta pemerintah Afghanistan menyampaikan laporannya setelah bekerjasama dengan 75 tetua suku di daerah.

Serangan AS terjadi setelah dinas intelijen Afghanistan diserang milisi selama operasi untuk menangkap dua komandan pemberontak di distrik Shigal provinsi Kunar. "Amerika membombardir rumah-rumah di daerah selama berjam-jam dari udara," ungkap laporan tim pencari fakta itu.

Washington mengklaim bahwa serangan udara yang dilakukan militer AS yang menargetkan milisi teroris, namun sumber-sumber setempat mengatakan warga sipil justru menjadi korban utama dari serangan tersebut.


(republika/CNN)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...