Monday, April 1, 2013

Hadapi Korut, AS Kirim Jet Tempur Siluman F-22 ke Korsel

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggunakan teropong untuk melihat wilayah Selatan dari pos pengamatan militer di wilayah perbatasan Korut dan Korsel.

WASHINTON, (IMP) -- Amerika Serikat (AS) mengirimkan jet tempur siluman F-22 ke Korea Selatan (Korsel) untuk bergabung dalam latihan militer gabungan. Ini merupakan bagian dari komitmen AS melindungi Korea Selatan dalam menghadapi ancaman Korea Utara (Korut). F-22 Raptor anti-radar ini diterbangkan ke Pangkalan Udara Osan di Korea Selatan dari Jepang untuk ambil bagian dalam latihan bersama itu.

"(Korut) tidak akan memperoleh apa-apa dengan ancaman atau provokasi, yang hanya akan kian mengisolasi Korut dan merusak upaya-upaya internasional menjamin perdamaian dan stabilitas di Asia Timur Laut," kata komando militer AS seperti dikutip Reuters.
Memburuknya situasi di Semenanjung Korea memaksa Paus Fransiskus menyampaikan pesan damai dalam pesan Paskahnya yang menyeru solusi diplomatik dalam krisis di Semenanjung Korea. "Damai di Asia, terutama sekali di Semenanjung Korea. Akhirilah sengketa dan tumbuhkanlah semangat baru rekonsiliasi," kata Paus.

Kamis pekan lalu AS sudah mengirim pesawat pengebom siluman pengecoh radar B-2 Spirit ke Korsel. Militer AS tidak mengungkapkan berapa unit F-22 yang digelarkan ke Korea Selatan dari Pangkalan Udara Kadena di Okinawa itu. Namun menyebut pengiriman itu sebagai pergelaran biasa dari Armada Pasifik Barat yang biasa dilakukan AS sejak 2004.

Mengutip kantor berita Kyodo, juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga menyebutkan bahwa pangkalan-pangkalan militer AS di Jepang menjadi sasaran serangan Korut.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...