Wednesday, March 6, 2013

Mengenang Pernyataan Kontroversial Chavez

(Reuters/Jorge Silva)

KARAKAS, (IMP) -- Presiden Venezuela, Hugo Chavez meninggal pada Selasa (5/3) malam waktu setempat karena penyakit kanker yang diderita selama dua tahun. Selama 14 tahun kepemimpinannya, Chavez sering melontarkan pernyataan yang menimbulkan kontroversi. 

Berikut ini sejumlah pernyataan Chavez yang mengundang kontroversi seperti dirangkum Reuters:

"Untuk saat ini, dengan menyesal, tujuan yang kita cari tidak tercapai... Situasi baru akan datang dan negara harus berada di jalur nasib yang lebih baik."

"Saya bukan iblis." 
Rencana nasionalisasi? "Tidak, sama sekali tidak."
Menyerahkan kekuasaan dalam lima tahun? "Tentu saja, saya bersedia menyerahkan kekuasaan bahkan lebih awal."

"Saya berjanji di depan rakyat... saya akan mendorong transformasi demokratis yang diperlukan."

"Saya seorang presiden yang memegang tahanan, saya tidak akan mundur."

"Kita pergi dari puncak ke puncak, sementara rakyat pergi dari jurang ke jurang."

"Menjadi kaya itu buruk, tidak manusiawi."


Venezuela's President Hugo Chavez jokes about his hair cut due to his cancer treatment while talking to the media after a meeting Foreign Minister Sergei Lavrov at Miraflores Palace in Caracas in this August 24, 2011.

"Kemarin, iblis datang ke sini. Di Sini...dan bau belerang masih ada di sini."

"Kamu pecandu alkohol, pemabok, pembohong, tidak bermoral. Orang berbahaya. Kamu terburuk...sakit secara psikologis."

"Israel mengkritik Hitler, kami juga, tapi mereka melakukan sesuatu yang sama, bahkan lebih buruk dari yang dilakukan Nazi."

"Kamu adalah pion imperialis... pergi saja ke neraka."

"Sita itu!"

"Kamu adalah ayah revolusi di benua ini, kamu adalah ayah kami."

"Dia adalah seorang fasis yang sebenarnya"

"Pergi ke neraka, kotoran Yankee, di sini tempat orang-orang bermartabat. Pergi ke neraka seratus kali sana, kami anak-anak Bolivar."



"Jika Tuhan memberi saya hidup dan kesehatan, saya akan bersama kalian sampai 2021. Hey ho, Chavez tidak akan pergi!"

"Saya ingin menjadi temanmu."

"Kamu adalah kegagalan, Obama...Pergi dan tanya banyak orang di Afrika, yang mungkin percaya kamu karena warna kulitmu, karena ayahmu dari Afrika. Kamu keturunan Afro, tapi kamu adalah hal memalukan dari orang-orang itu."

"Ini tidak aneh kalau mereka bisa menciptakan teknologi yang dapat memasukkan kanker dan tidak ada orang yang tahu sampai sekarang."

"Akan lebih mudah bagi keledai untuk melewati lubang jarum daripada oposisi memenangkan pemilihan ini."

"Ini bukan hari yang mudah, tapi kami adalah pejuang yang melawan kesulitan... Saya tidak bisa terus menjadi kuda yang berlari."


Terlepas dari sosok Hugo Chavez yang suka melontarkan ucapan-ucapan yang lantang, dramatis dan provokatif. Banyak sekali pernyataannya yang berhasil menarik minat dan mengejutkan dunia. Tidak hanya itu, Chavez telah memikat perhatian berita utama media internasional dalam beberapa dekade belakangan ini. 


(Reuters/Republika/IMP)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...