Tuesday, May 21, 2013

Alutsista dari Jerman Berlabel "Leopard RI"

Tank Leopard buatan Jerman (fineartamerika.com)

Jakarta, (IMP) -- Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, menegaskan dalam waktu dekat pesanan Tank Leopard dari Jerman akan datang. Tank tersebut sudah dimodifikasi dan nantinya akan berlabel "Leopard RI". 

Leopard itu sudah dimodifikasi dan itu akan terpakai untuk daerah tropis. Karena itu namanya Leopard RI karena sudah di adjusted yang bisa dipakai didaerah tropis,” katanya, Selasa (21/5). 

Tadinya, pemerintah hanya akan mendapatkan 44 Tank Leopard. Tetapi, ia merasa cukup beruntung karena dengan anggaran 44 tank baru, Indonesia justru bisa mendapatkan sekitar 160 Tank. “Tadinya, dengan uang yang sama, kita hitung hanya dapat 44 brand new (tank). Tapi dengan uang yang sama kita bisa mendapatkan 100 main battle tank terus kita dapat lagi sekitar 50 medium battle tank,” katanya. 

Meski bekas, ia menegaskan alutsista tersebut tetap bisa digunakan dan bahkan sudah cocok dengan kondisi NKRI. Menurutnya, hal tersebut justru lebih menguntungkan. 

Untuk diketahui, hal yang sama juga pernah terjadi pada saat pembelian pesawat F16 dari Amerika Serikat. Indonesia pada awalnya akan membeli pesawat baru sebanyak enam pesawat. Tapi dengan F-16 yang tidak baru, namun masih bisa digunakan dan dimodifikasi, Indonesia bisa mendapatkan lebih dari enam unit.


1 comment:

Anonymous said...

Lucu, masa beli baru mau disamain beli barang bekas.
Jelas aja dapat banyak, lah wong yg dibeli barang bekas.
Kalau dapat banyak barang baru karena negosiasi, itu baru hebat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...