Monday, October 27, 2014

Kesuksesan Indonesia di Mata Media Arab

 Bendera Merah Putih (Republika/Daan)

Ikhwanul Kiram Mashuri, (IMP) -- Suksesi yang baru berlangsung di negeri kita ternyata mendapatkan perhatian luas dari berbagai media Arab: al-Akhbar (Mesir), al-Madina (Saudi), al-Balad (Lebanon), al-Yaoum (Saudi), al-Dustur (Mesir), al-Arabi (Uni Emirat Arab), al-Ahad (Bahrain), Aljazeera (Qatar), Kuna (kantor berita Kuwait), dan Mena (kantor berita Mesir). Mereka pada umumnya memuji pergantian kekuasaan dari Susilo Bambang Yudhoyono ke Joko Widodo yang berjalan aman, lancar, dan penuh kegembiraan. 

Bahkan kolomnis tetap di media Al Sharq Al Awsat, Husein Syabasyki, menyebutkan Indonesia merupakan cerita menggembirakan dari dunia Islam. Al Sharq Al Awsat merupakan media internasional berbahasa Arab yang bermarkas di London. Di antara produknya berupa koran yang dicetak di hampir semua negara Arab.

Menurut Syabasyki, Indonesia merupakan negara Islam (berpenduduk Muslim) terbesar di dunia. Ia juga negara terbesar keempat dalam hal jumlah penduduk, setelah Cina, India, dan Amerika Serikat (AS). Jumlah penduduknya mencapai sekitar 253 juta jiwa. Mereka tinggal di pulau besar maupun kecil yang berjumlah 13 ribu pulau. Mereka bersuku-suku dan bermacam budaya. 

Juga terdapat 719 bahasa, di antaranya 706 bahasa masih hidup dan lainnya mulai punah. Mereka disatukan dalam bahasa Indonesia.Data lainnya, sejumlah 87 persen penduduknya beragama Islam. Namun, negara mengakui dan melindungi pemeluk agama-agama lain seperti Kristen (Katolik dan Protestan), Hindu, Budha, dan Konghucu. 

Semua pemeluk agama yang berbeda bisa hidup rukun dan damai. Antara lain, sebut Syabasyki, karena umat Islam yang menjadi mayoritas menganut paham moderat dan toleran dalam beragama. Secara umum, lanjutnya Syabasyki, masyarakat Indonesia tidak engenal paham radikal dan fanatisme yang berlebihan sepertinya halnya banyak terjadi di sejumlah negara Arab. 

‘‘Beberapa peristiwa bom yang pernah terjadi merupakan perbuatan menyimpang dan bukan watak asli bangsa Indonesia. Perbuatan menyimpang yang belakangan terbukti merupakan pengaruh dari luar (asing),’’ tulis Syabasyki.

Dengan data-data di atas -- beda suku, budaya, etnis, agama, jumlah penduduk, dan tempat tinggal yang berpulau-pulau --, Syabasyki mengatakan Indonesia sebenarnya merupakan negara yang sangat pelik. ‘Sangat pelik’ yang dimaksud tentu -- meskipun Syabasyki tak menjelaskannya -- kalau dibandingkan dengan negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya. Apalagi bila dijejerkan dengan negara-negara Arab.

Sebut misalnya negara-negara Teluk, hampir semua penduduknya beragama Islam, bersuku Arab, dan berbahasa Arab. Sedangkan negara Arab lainnya juga tak sepelik Indonesia dalam hal beda suku, etnis, golongan, agama, geografi, dan sebagainya. Irak misalnya, hanya ada dua suku bangsa, yaitu Arab dan Kurdi. Mereka menganut paham Syiah (mayoritas), Sunni, dan agama Kristen. 

Hal yang sama juga terdapat di Suriah. Namun, kebalikan di Irak, di Suriah mayoritas warga menganut Sunni. Lainnya adalah Syiah dan Kristen plus Yahudi. Begitu pula di Mesir, Tunisia, Aljazair, Maroko, dan lainnya. Komposisi penganut agamanya hampir sama. Yang agak beda barangkali adalah Lebanon. Dari sisi pemeluk agama, Lebanon bisa jadi mirip dengan Indonesia. Di sana ada Kristen Maronit, Ortodoks, Katolik, Druze, Sunni, dan Syiah.

Namun, boleh dikata suksesi di hampir semua negara-negara Arab -- kecuali negara-negara monarkhi seperti negara-negara Teluk plus Yordania dan Maroko -- berjalan tidak normal. Bahkan di sejumlah negara, seperti Libia, Yaman, Irak, dan Suriah kini mereka terancam oleh perpecahan di antara mereka sendiri. Perebutan kekuasaan di negara-negara tersebut berlangsung sangat keras dan berdarah-darah. Penyebabnya, antara lain munculnya kelompok-kelompok garis keras yang ingin merebut kekuasaan.

Ketika sejumlah negara Islam (berpenduduk mayoritas Muslim) sedang mengalami instabilitas baik dalam politik, keamanan, maupun sosial, Indonesia justeru berhasil melewati pergantian pemimpin nasional dengan mulus. Bahkan kantor berita Kuwait, Kuna, yang membuat laporan panjang mengenai kontestasi antara Joko Widodo dan Prabowo Subiyanto yang berlangsung sangat keras, menyebutkan begitu Mahkamah Konstitusi RI memutuskan pemenangnya, semua pihak bisa menerima dengan legowo. Hal ini, tulis Kuna, jelas menunjukkan kedewasaan para pemimpin Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Menurut Syabasyki, keberhasilan suksesi Indonesia bisa menjadi contoh bahwa negara Islam (berpenduduk mayoritas Muslim) bisa menerapkan demokrasi. Apalagi Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia. ‘‘Indonesia telah membuktikan kepada dunia bahwa demokrasi, toleransi, hidup rukun, ekonomi pasar, dan ide-ide serta sistem modern bisa diterapkan di negara Islam,’’ tulisnya. 

Kuncinya, lanjut Syabasyki, masing-masing lembaga memerankan fungsinya dengan baik tanpa harus ada campur tangan dari pihak lain, baik lembaga kemiliteran, pengadilan, lembaga legislatif, eksekutif, maupun yudikatif. Bila terjadi persoalan di antara lembaga-lembaga tadi, ada lembaga lain yang menanganinya dan kemudian pihak-pihak yang bermasalah dapat menerimanya.

Tantangan Indonesia kini, terutama pemerintahan Presiden Jokowi, menurut Syabasyki, adalah bagaimana mengurangi angka kemiskinan. Di Indonesia sekarang terdapat 65 juta jiwa yang hidup di bawah garis kemisinan. Angka ini sudah menurun sepanjang tahun 1999 hingga 2012, dari 24 persen menjadi 12 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Penurunan angka kemiskinan ini tidak lepas dari keberhasilan pemerintah Presiden SBY yang menjaga angka pertumbuhan di sekitar 6 persen. Syabasyki optimis Presiden Jokowi dengan keberhasilannya sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta akan bisa menaikkan angka pertumbuhan di sekitar angka 7 persen sesuai dengan janji kampanyenya.

Dengan data-data seperti itu tak aneh bila Indonesia menjadi daya tarik para investor dari negara-negara besar seperti Australia, Cina, India, AS, Brazil, dan negara lainnya. Mereka berlomba-lomba menanamkan investasinya di Indonesia. Apalagi Indonesia mempunyai bank sentral yang kuat dan nilai tukar rupiah yang stabil.

‘‘Dunia kini sedang melihat dengan penuh respek keberhasilan negara Islam terbesar di dunia. Indonesia jelas merupakan cerita menggembirakan dari dunia Islam setelah kita lelah menyaksikan cerita-cerita menyedihkan (dari sejumlah negara Islam dan Arab),’’ demikian Syabasyki menutup tulisannya yang berjudul ‘Indonesiya, qissoh mufrihah min al-‘alami al-Islami.

Sayangnya, ini kata saya, peluang investasi yang baik di Indonesia ini belum ditangkap para investor dari negara-negara Teluk kaya raya. Kesamaan agama dan budaya semestinya bisa dimanfaatkan oleh investor Arab. Apalagi negara-negara Islam telah lama membentuk sebuah lembaga yang bernama Organisasi Kerja Sama Islam yang dulu bernama Organisasi Konferensi Islam (OKI). Perubahan nama tersebut antara lain karena organisasi yang beranggotakan 57 negara Islam ini akan menitikberatkan pada kerja sama ekonomi.


(Republika/Ikhwanul Kiram Mashuri)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...