Friday, December 28, 2012

Rusia Ajak Oposisi Suriah Berunding

Rusia Ajak Oposisi Suriah Berunding

 
Salah satu anggota pasukan FSA menembakkan senjata ke udar smbil memegang bendera Suriah. 


REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia yang telah menyatakan sikapnya pekan lalu ‘khilaf’ telah mendukung rezim Bashar Assad, kali ini malah akan mengadakan perundingan dengan pemimpin Koalisi Oposisi Suriah, Ahmad Muaz al-Khatib. 

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov, dalam satu pernyataannya, Jumat (28/12). “Undangan pertemuan telah kami sampaikan kepada al-Khatib, sekarang tergantung dirinya apakah ingin datang atau tidak,” ungkap Bogdanov seperti dikutip RIA Novosti, Jumat (28/12). 

Bogdanov belum menentukan lokasi pertemuan dengan pihak oposisi Suriah tersebut. Pertemuan akan diselenggarakan di Moskow dan rencananya akan dihadiri negara lain seperti Swiss dan Mesir. 

Oposisi Suriah masih belum sepenuhnya percaya dengan sikap Rusia yang diketahui selama ini adalah penopang utama rezim Assad. Pejuang oposisi Suriah juga memperbolehkan penculikan warga Rusia di Suriah, karena Rusia dianggap sebagai musuh mereka. 

Sebelumnya, sikap Rusia selalu mengecam kebijakan negara-negara Barat yang memberikan dukungan kepada oposisi Suriah. Namun, setelah mendapatkan laporan dari pengamatnya yang pulang dari Suriah, sikap Rusia menjadi bimbang. Pembantaian terhadap rakyat Suriah dan serangan militer Rusia yang makin kalap membuat pendirian Rusia goyah. 


(source: Republika) 


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...